Memahami Rongga Dada Orang-orang Yang Beriman


Firman Allah Ta’ala:
بنيت فى جوف ابن ادم قصرا وفى القصر صدرا وفى الصدر قلبا وفى القلب فؤادا وفى الفؤد شغافا وفى الشغاف لبا وفى اللب سرا وفى السر انا.

Artinya:
“Aku buatkan didalam rongga anak Adam sebuah mahligai, dan didalam mahligai itu ada dada, dan di dalam dada itu ada hati, dan didalam hati itu ada fuad, dan didalam fuad itu ada syarofan, dan didalam syarofan itu ada lubban, dan dalam lubban itu ada rahsia, dalam rahsia itu ana.” (Hadis Qudsi).

Berikut penjelasannya:

1. SHODRON (Dada)
dinamai Shodron karena dia adalah tempat terbitnya “Nurul Islam”, seperti firman Allah swt:
افمن شرح الله صدره للاسلام فهو على نور من ربه.
“Adakah sama barangsiapa dibukakan Allah Ta’ala Dadanya kepada agama Islam adalah dia beroleh cahaya dari pada Tuhannya. ” (az-Zumar: 22).

2. QOLBAN (Jantung hati)
sebabnya ialah tempat terbitnya cahaya “Iman”. seperti firman Allah swt:
اولئك كتب فى قلوبهم الايمان.
“Merekalah yg disurat Allah didalam hatinya iman. ”

3. FUADAN.
Yaitu tempat batin sanubari, karena ia tempat terbitnya cahaya “Ma’rifat”.seperti firman Allah swt:
ما كذب الفؤاد ما راءى.
“Tiada bohong fuadnya pada barang yang dilihatnya.”(an-Najm: 11).

4. SYAROFAN.
Laksana embun, karena dia tempat terbitnya cahaya “Mahabbah” (cinta). seperti firman Allah swt:
قد شغفها حبا.
“Sesungguhnya cintanya kepada bujangnya itu sangat mendalam. ” (Yusuf: 30).

5. LUBBAN (Budi)
Karena dia tempat terbitnya “Tauhid” atau cahaya fana’ pada Allah swt. seperti firman Allah swt:
ان فى ذلك لذكرى لاؤلى الالباب.
“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat pelajaran bagi orang berakal.” (az-Zumar: 21).

6. SIRRON. Yaitu "Rahsia" cahaya baqo’ dengan Allah swt, seperti firman Allah swt:
فانه يعلم السر و اخفى.
“Maka mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi. ” (Thoha: 7).

7. ANA, yakni Aku. Tempat tajalli Aku, tempat Aku taruh rahasiaKu, tempat mengenal Aku, seperti firman Allah swt:
قل اننى انا الله لا اله الا انا.
“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah. Tiada ada Tuhan selain Aku. ” (Thoha: 14).

Firman Allah dalam Hadis Qudsi:
الانسان سرى و انا يره.
“Manusia itu rahasiaKu dan Aku pun rahasianya.”
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Memahami Rongga Dada Orang-orang Yang Beriman ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Memahami Rongga Dada Orang-orang Yang Beriman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel