Murobbi Ruhina Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari RA
Al-Arif Billah Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. merupakan seorang Ulama’ besar dan Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah yang sangat terkenal berasal dari Pulau Madura dan pernah mengajar di Mekah (Wafat tahun 1335 H/1916 M).
Dalam sejarahnya, semenjak kecil beliau hampir menghabiskan usianya untuk belajar di Mekkah. Sementara dalam tarekat beliau berguru kepada dua Mursyid diantaranya ialah Sayyid Muhammad Shalih az-Zawawi Qs. (1246 H/1830 M-1308 H/1890 M) dan Hadrotus Syeikh Abdul Hamid ad-Daghatstani al-Muzhhari Qs. yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar Al-Ahmadi Qs. (wafat 1301 H/1883 M di Madinah), beliau (Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar Al-Ahmadi Qs.) inilah yang dianggap sebagai salah satu Mujaddid (Pembaharu) dalam Tarekat Naqsyabandiyah.
Kemudian Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar al-Ahmadi Qs. berguru kepada Hadrotus Syeikh Ahmad Sa’id al-Ahmadi Qs. (wafat 1277 H/1860 M di Madinah) yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Abu Ahmad Sa’id al-Ahmadi Qs. (wafat 1250 H/1835 M di Madinah) yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Abdullah ad-Dahlawi Qs. (1158 H/1735 M12 Safar 1240 H/1824 M).
Pada Hadrotus Syeikh Abdullah Ad-Dahlawi Qs. ini bertemunya dua Silsilah Tarekat antara Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah dengan Naqsyabandiyah Khalidiyah Hadrotus Syeikh Ismail Qs. Minangkabau.
Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. selain belajar kepada Sayyid Muhammad Shalih az-Zawawi Qs. (1246 H/1830 M-1308 H/1890 M), beliau juga belajar kepada Sayyid Abdul Karim Daghitstani (wafat akhir Sya’ban 1338 H/1909 M), Sayyid Umar asy-Syami (1245 H/1829 M-Syawal 1313 H/1895 M).
Dan beliau mempunyai murid yang sangat banyak, dan pada umumnya menyebarkan Tarekat Naqsyabandiyah. Diantaranya ialah Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Zainal Abidin Kwanyar Qs, Bangkalan (wafat 1358 H/1939 M), Almaghfurlah Syaikhona Kholil Bangkalan (wafat 1344 H/1925 M), Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Hasan Basuni Qs. dari Pakong Galis Bangkalan, dan Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Mohammad Sholeh Qs. dari Toket Pamekasan.
Dari beberapa murid beliau ini menyebarlah Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah di Madura dan ke seantero nusantara bahkan ke beberapa Negara di Asia Tenggara.
Karya Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. yang telah ditemukan sampai sa’at ini, diantaranya, yaitu Kaifiyat Berzikir Atas Thariqat Naqsyabandiyah (Sebuah risalah yang mendapat pengaruh besar di kalangan pengamal-pengamal Tarekat Naqsyabandiyah di Melayu, cetakan pertama Matba’ah al-Miriyah al-Kainah, Makkah, 1308 H/1890 M). Kemudian As-Sholawat Ar-Robithoh Li Hadrotin Masyayihin An-Naqsyabandiyyah (Kitab yang berisi sholawat, dan tawassul kepada Nabi Muhammad SAW, para Sahabat, dan Masyayikh Naqsyabandiyah.
Diceritakan dalam risalah kecil berjudul “Rantai Mas”, Sayyid Muhsin Ali al-Hinduan Qs. pernah merakamkan peristiwa yang diceritakan oleh gurunya yang beliau tulis terdapat pada halaman 72,
“K.H. Zainal Abidin Kwanyar Bangkalan Madura (Beliau ini adalah saudara misanan daripada Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs.) dan sejak kecil diasuh oleh beliau.
Beliau dibawa ke Mekah oleh saudaranya itu dan lama tinggal di sana menuntut berbagai-bagai ilmu kepada alim ulama Mekah. Pernah beliau (K.H. Zainal Abidin Qs.) menceritakan kepada beberapa orang muridnya, bagaimana asal mulanya beliau menganut Tarekat Naqsyabandiyah, katanya: “Lama benar saya tinggal di Mekah dalam asuhan kakandaku Syeikh Abdul Adhim Qs, seorang Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah yang tak ada bandingannya di masa itu.
Beliau tersohor sebagai Wali Allah yang istimewa, yang tidak sedikit murid-muridnya. Di sana saya menuntut berbagai-bagai ilmu kepada alim ulama yang besar-besar, seperti Tuan Syeikh Umar Bajunaid, Tuan Syeikh Ahmad Khathib Minangkabau dan lain-lainnya. Dalam hatiku memang sudah terkandung hasrat yang besar untuk mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah, namun setiap kali saya memberitahu akan hal itu kepada sang Guru Besar Tuan Syeikh Ahmad Khathib, sentiasa beliau mencegah dan melarang saya seraya katanya, “Tarekat Naqsyabandiyah itu tidaklah berasal daripada agama sedikit pun juga, melainkan hanya buatan manusia. Pokoknya Tarekat Naqsyabandiyah itu tidak lebih daripada bid’ah dhalalah.
Akan tetapi dengan kehendak Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, ketika pada suatu hari saya sedang mentelaah kitab yang saya kaji, sekonyong-konyong datanglah kakandaku Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. ke tempatku seraya katanya: “Hai Zainal Abidin, mengapakah tidak engkau segera mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah, padahal aku sendiri di sini sebagai seorang Mursyid dan Guru dari tarekat tersebut? Ketahuilah bahasa yang dikatakan orang yang kamil itu, bukanlah hanya orang yang pandai membaca kitab yang beraneka warna akan tetapi orang yang sebenar-benarnya kamil ialah orang yang tidak kunjung, putus perhubungan batinnya dengan Allah sedikitpun juga, walaupun orang itu hanya berilmu sekadar cukup dipakai saja”.
Dan katanya pula: “Sekalipun sampai di mana ilmu pengetahuan mu dan ibadah zahir yang engkau kerjakan itu, namun tetaplah tak akan diterima Allah bila tidak disertakan hati yang bersih, tulus ikhlas serta senantiasa ingat akan Allah. Kerana kebodohan hati kepada Allah itulah yang disebut Ruhul Ibadah. Ada pun setiap amal ibadah apa pun juga yang tidak disertakan perhubungan batin maka yang demikian itu adalah ibarat bangkai yang tak bernyawa lagi atau kata lebih tegas, “Bangkai ibadah namanya”.
Perkataan kandaku (Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs.) serasa menusuk jantungku, sehingga menyebabkan saya berani menghadap sang Guru Syeikh Ahmad Khathib meminta izin sekali lagi daripadanya untuk mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah kepada kekanda Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. “Telah berulang-ulang saya terangkan kepadamu bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu adalah bid’ah dhalalah,” katanya dengan muka marah. “Saya ingin tahu yang sebenarnya,” kataku. “Karena penentangan yang tidak disertakan dengan penyelidikan yang saksama salahlah hukumnya.” Lalu katanya: “Baiklah, boleh engkau masuk Tarekat Naqsyabandiyah itu dengan maksud dan niat yang demikian namun engkau harus berhati-hatilah, jangan sampai tertipu atau terpengaruh oleh ajaran-ajarannya.
Kerana tidaklah sedikit orang orang yang telah terjebak dalam perangkap mereka padahal mereka itu adalah dari alim ulama yang ternama.” “Tidak khawatir. Insya-Allah,” jawabku.
Pada malam hari itu juga saya datang menemui kakanda Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. di majlisnya dan kebetulan beliau sedang dikerumuni oleh murid-muridnya yang ramai. Mereka sama duduk menghadap beliau dengan penuh hormat, khidmat dan takzim kepada beliau. Saya terus duduk di samping beliau dan menyampaikan keinginan yang telah lama terkandung dalam hatiku, iaitu minta ditalqinkan zikir Tarekat Naqsyabandiyah.
Dengan pandangan yang tajam beliau menatap muka saya seraya katanya: “Engkau akan berbai’at dalam Tarekat Naqsyabandiyah?” “Ya”, jawabku.
Kata beliau lagi, “Ketahuilah bahasa Tarekat Naqsyabandiyah yang kita amalkan ini adalah satu-satunya tarekat yang memang diajarkan oleh Rasulullah SAW. kepada para sahabatnya. Dan engkau harus yakin dalam hatimu akan yang demikian itu.
Jangan masih ada terselit dalam hatimu pendapat orang-orang yang sesat yang mengatakan bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu tidaklah daripada ajaran Islam sedikit pun juga. Kerana orang yang suka mengatakan demikian itu tidaklah lain, kecuali mereka yang hampa hati sanubarinya dari ‘Nur Ilahi’, yakni hanya berisi hawa nafsu dan syaitan belaka. Mereka tidaklah pernah merasakan ‘isyq (rindu) kepada Allah dalam arti kata yang sebenarnya, bahkan mereka tidak mengerti apa yang dikatakan rindu kepada Allah itu. Ibadah yang mereka kerjakan itu tidaklah lebih daripada Tazyinuz Zahir (Perhiasan zahir) sedang isi hatinya bertentangan dengan apa yang diperbuatnya”.
Kemudian Hadrotus Syeikh Abdul Adzim Qs. melanjutkan perkataanya: “Hai anakku Zainal Abidin, marilah engkau memasuki Tarekat Naqsyabandiyah ini dengan niat yang suci murni, yaitu tidak lain hanya menuntut keridhoan Allah SWT. Bukan dengan niat menyelidiki atau hanya ingin mengetahuinya saja. Dan kelak setelah engkau mengamalkannya, tentulah engkau tahu, apakah benar orang-orang yang mengatakan bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu bid’ah dan sebagainya”.
Kata K.H. Zainal Abidin lagi: “Setelah saya mendengar keterangan yang beliau terangkan itu, gemetarlah hati dan tubuh saya, serta dilangsungkannya bai’at pada malam itu juga, dan ditawajjuhlah batinku dengan zikrullah. Allahu Akbar! Pada tawajjuh yang pertama kali itu dapatlah saya rasakan nikmat dan lezat zikrullah yang belum pernah saya rasakan selama hidup, serta tersingkaplah tirai batin yang menyelubungi saya dan dibukakan-Nya kepada saya beberapa pemandangan yang indah-indah yang sukar bagiku untuk menceritakannya dengan lidah zahir ini.
Pada keesokan hari itu jua datanglah saya ke tempat Guru Besar Syeikh Ahmad Khathib, kemudian dengan tegas saya nyatakan kepada beliau, bahasa Tarekat Naqsyabandiyah adalah satu-satunya jalan yang baik bagi umat Islam, untuk mencapai tingkat tauhid yang setinggi-tingginya. Mendengar yang demikian itu beliau terkejut dan hairan seraya katanya dengan muka yang sangat merah: “Kalau sudah demikian pendapat engkau, nyatalah bahasa racun Tarekat Naqsyabandiyah itu telah mengenai dirimu.” Kemudian aku berkata: “Memang, dan saya yakin dengan sepenuh-penuhnya bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu adalah memang ajaran agama Islam yang sebenarnya. Dan keyakinan yang demikian itu, selain disebabkan Tarekat Naqsyabandiyah memang berdasarkan al-Quran dan hadis Rasullullah SAW pun juga disebabkan pengalaman dan zauq yang telah saya peroleh.”
Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. yang terkenal waliyullah tersebut, konon sangat di hormati di kalangan para alim ulama, baik di Mekkah dan Madura. Hingga ulama terkenal dari Bangkalan yakni Syaikhona Muhammad Kholil bin Abdul Latif pernah berkata: “Siapa pun yang menziarohi saya nanti, tapi tidak ziaroh ke makam syaikh abdul adhim, maka ibaratnya dia ziaroh ke makkah tapi tidak ke madinah”. Adapun Astah (Maqbaroh) beliau tidak jauh Astah Syaikhona Kholil Bangkalan, perkiraan ±200 meter sebelah kiri jalan sebelum memasuki Astah Syaikhona Kholil Bangkalan.
Dalam sejarahnya, semenjak kecil beliau hampir menghabiskan usianya untuk belajar di Mekkah. Sementara dalam tarekat beliau berguru kepada dua Mursyid diantaranya ialah Sayyid Muhammad Shalih az-Zawawi Qs. (1246 H/1830 M-1308 H/1890 M) dan Hadrotus Syeikh Abdul Hamid ad-Daghatstani al-Muzhhari Qs. yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar Al-Ahmadi Qs. (wafat 1301 H/1883 M di Madinah), beliau (Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar Al-Ahmadi Qs.) inilah yang dianggap sebagai salah satu Mujaddid (Pembaharu) dalam Tarekat Naqsyabandiyah.
Kemudian Hadrotus Syeikh Muhammad Mudzhar al-Ahmadi Qs. berguru kepada Hadrotus Syeikh Ahmad Sa’id al-Ahmadi Qs. (wafat 1277 H/1860 M di Madinah) yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Abu Ahmad Sa’id al-Ahmadi Qs. (wafat 1250 H/1835 M di Madinah) yang berguru kepada Hadrotus Syeikh Abdullah ad-Dahlawi Qs. (1158 H/1735 M12 Safar 1240 H/1824 M).
Pada Hadrotus Syeikh Abdullah Ad-Dahlawi Qs. ini bertemunya dua Silsilah Tarekat antara Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah dengan Naqsyabandiyah Khalidiyah Hadrotus Syeikh Ismail Qs. Minangkabau.
Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. selain belajar kepada Sayyid Muhammad Shalih az-Zawawi Qs. (1246 H/1830 M-1308 H/1890 M), beliau juga belajar kepada Sayyid Abdul Karim Daghitstani (wafat akhir Sya’ban 1338 H/1909 M), Sayyid Umar asy-Syami (1245 H/1829 M-Syawal 1313 H/1895 M).
Dan beliau mempunyai murid yang sangat banyak, dan pada umumnya menyebarkan Tarekat Naqsyabandiyah. Diantaranya ialah Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Zainal Abidin Kwanyar Qs, Bangkalan (wafat 1358 H/1939 M), Almaghfurlah Syaikhona Kholil Bangkalan (wafat 1344 H/1925 M), Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Hasan Basuni Qs. dari Pakong Galis Bangkalan, dan Almaghfurlah Hadrotus Syeikh KH. Mohammad Sholeh Qs. dari Toket Pamekasan.
Dari beberapa murid beliau ini menyebarlah Tarekat Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah di Madura dan ke seantero nusantara bahkan ke beberapa Negara di Asia Tenggara.
Karya Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. yang telah ditemukan sampai sa’at ini, diantaranya, yaitu Kaifiyat Berzikir Atas Thariqat Naqsyabandiyah (Sebuah risalah yang mendapat pengaruh besar di kalangan pengamal-pengamal Tarekat Naqsyabandiyah di Melayu, cetakan pertama Matba’ah al-Miriyah al-Kainah, Makkah, 1308 H/1890 M). Kemudian As-Sholawat Ar-Robithoh Li Hadrotin Masyayihin An-Naqsyabandiyyah (Kitab yang berisi sholawat, dan tawassul kepada Nabi Muhammad SAW, para Sahabat, dan Masyayikh Naqsyabandiyah.
Diceritakan dalam risalah kecil berjudul “Rantai Mas”, Sayyid Muhsin Ali al-Hinduan Qs. pernah merakamkan peristiwa yang diceritakan oleh gurunya yang beliau tulis terdapat pada halaman 72,
“K.H. Zainal Abidin Kwanyar Bangkalan Madura (Beliau ini adalah saudara misanan daripada Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs.) dan sejak kecil diasuh oleh beliau.
Beliau dibawa ke Mekah oleh saudaranya itu dan lama tinggal di sana menuntut berbagai-bagai ilmu kepada alim ulama Mekah. Pernah beliau (K.H. Zainal Abidin Qs.) menceritakan kepada beberapa orang muridnya, bagaimana asal mulanya beliau menganut Tarekat Naqsyabandiyah, katanya: “Lama benar saya tinggal di Mekah dalam asuhan kakandaku Syeikh Abdul Adhim Qs, seorang Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah yang tak ada bandingannya di masa itu.
Beliau tersohor sebagai Wali Allah yang istimewa, yang tidak sedikit murid-muridnya. Di sana saya menuntut berbagai-bagai ilmu kepada alim ulama yang besar-besar, seperti Tuan Syeikh Umar Bajunaid, Tuan Syeikh Ahmad Khathib Minangkabau dan lain-lainnya. Dalam hatiku memang sudah terkandung hasrat yang besar untuk mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah, namun setiap kali saya memberitahu akan hal itu kepada sang Guru Besar Tuan Syeikh Ahmad Khathib, sentiasa beliau mencegah dan melarang saya seraya katanya, “Tarekat Naqsyabandiyah itu tidaklah berasal daripada agama sedikit pun juga, melainkan hanya buatan manusia. Pokoknya Tarekat Naqsyabandiyah itu tidak lebih daripada bid’ah dhalalah.
Akan tetapi dengan kehendak Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, ketika pada suatu hari saya sedang mentelaah kitab yang saya kaji, sekonyong-konyong datanglah kakandaku Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. ke tempatku seraya katanya: “Hai Zainal Abidin, mengapakah tidak engkau segera mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah, padahal aku sendiri di sini sebagai seorang Mursyid dan Guru dari tarekat tersebut? Ketahuilah bahasa yang dikatakan orang yang kamil itu, bukanlah hanya orang yang pandai membaca kitab yang beraneka warna akan tetapi orang yang sebenar-benarnya kamil ialah orang yang tidak kunjung, putus perhubungan batinnya dengan Allah sedikitpun juga, walaupun orang itu hanya berilmu sekadar cukup dipakai saja”.
Dan katanya pula: “Sekalipun sampai di mana ilmu pengetahuan mu dan ibadah zahir yang engkau kerjakan itu, namun tetaplah tak akan diterima Allah bila tidak disertakan hati yang bersih, tulus ikhlas serta senantiasa ingat akan Allah. Kerana kebodohan hati kepada Allah itulah yang disebut Ruhul Ibadah. Ada pun setiap amal ibadah apa pun juga yang tidak disertakan perhubungan batin maka yang demikian itu adalah ibarat bangkai yang tak bernyawa lagi atau kata lebih tegas, “Bangkai ibadah namanya”.
Perkataan kandaku (Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs.) serasa menusuk jantungku, sehingga menyebabkan saya berani menghadap sang Guru Syeikh Ahmad Khathib meminta izin sekali lagi daripadanya untuk mempelajari Tarekat Naqsyabandiyah kepada kekanda Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. “Telah berulang-ulang saya terangkan kepadamu bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu adalah bid’ah dhalalah,” katanya dengan muka marah. “Saya ingin tahu yang sebenarnya,” kataku. “Karena penentangan yang tidak disertakan dengan penyelidikan yang saksama salahlah hukumnya.” Lalu katanya: “Baiklah, boleh engkau masuk Tarekat Naqsyabandiyah itu dengan maksud dan niat yang demikian namun engkau harus berhati-hatilah, jangan sampai tertipu atau terpengaruh oleh ajaran-ajarannya.
Kerana tidaklah sedikit orang orang yang telah terjebak dalam perangkap mereka padahal mereka itu adalah dari alim ulama yang ternama.” “Tidak khawatir. Insya-Allah,” jawabku.
Pada malam hari itu juga saya datang menemui kakanda Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Qs. di majlisnya dan kebetulan beliau sedang dikerumuni oleh murid-muridnya yang ramai. Mereka sama duduk menghadap beliau dengan penuh hormat, khidmat dan takzim kepada beliau. Saya terus duduk di samping beliau dan menyampaikan keinginan yang telah lama terkandung dalam hatiku, iaitu minta ditalqinkan zikir Tarekat Naqsyabandiyah.
Dengan pandangan yang tajam beliau menatap muka saya seraya katanya: “Engkau akan berbai’at dalam Tarekat Naqsyabandiyah?” “Ya”, jawabku.
Kata beliau lagi, “Ketahuilah bahasa Tarekat Naqsyabandiyah yang kita amalkan ini adalah satu-satunya tarekat yang memang diajarkan oleh Rasulullah SAW. kepada para sahabatnya. Dan engkau harus yakin dalam hatimu akan yang demikian itu.
Jangan masih ada terselit dalam hatimu pendapat orang-orang yang sesat yang mengatakan bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu tidaklah daripada ajaran Islam sedikit pun juga. Kerana orang yang suka mengatakan demikian itu tidaklah lain, kecuali mereka yang hampa hati sanubarinya dari ‘Nur Ilahi’, yakni hanya berisi hawa nafsu dan syaitan belaka. Mereka tidaklah pernah merasakan ‘isyq (rindu) kepada Allah dalam arti kata yang sebenarnya, bahkan mereka tidak mengerti apa yang dikatakan rindu kepada Allah itu. Ibadah yang mereka kerjakan itu tidaklah lebih daripada Tazyinuz Zahir (Perhiasan zahir) sedang isi hatinya bertentangan dengan apa yang diperbuatnya”.
Kemudian Hadrotus Syeikh Abdul Adzim Qs. melanjutkan perkataanya: “Hai anakku Zainal Abidin, marilah engkau memasuki Tarekat Naqsyabandiyah ini dengan niat yang suci murni, yaitu tidak lain hanya menuntut keridhoan Allah SWT. Bukan dengan niat menyelidiki atau hanya ingin mengetahuinya saja. Dan kelak setelah engkau mengamalkannya, tentulah engkau tahu, apakah benar orang-orang yang mengatakan bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu bid’ah dan sebagainya”.
Kata K.H. Zainal Abidin lagi: “Setelah saya mendengar keterangan yang beliau terangkan itu, gemetarlah hati dan tubuh saya, serta dilangsungkannya bai’at pada malam itu juga, dan ditawajjuhlah batinku dengan zikrullah. Allahu Akbar! Pada tawajjuh yang pertama kali itu dapatlah saya rasakan nikmat dan lezat zikrullah yang belum pernah saya rasakan selama hidup, serta tersingkaplah tirai batin yang menyelubungi saya dan dibukakan-Nya kepada saya beberapa pemandangan yang indah-indah yang sukar bagiku untuk menceritakannya dengan lidah zahir ini.
Pada keesokan hari itu jua datanglah saya ke tempat Guru Besar Syeikh Ahmad Khathib, kemudian dengan tegas saya nyatakan kepada beliau, bahasa Tarekat Naqsyabandiyah adalah satu-satunya jalan yang baik bagi umat Islam, untuk mencapai tingkat tauhid yang setinggi-tingginya. Mendengar yang demikian itu beliau terkejut dan hairan seraya katanya dengan muka yang sangat merah: “Kalau sudah demikian pendapat engkau, nyatalah bahasa racun Tarekat Naqsyabandiyah itu telah mengenai dirimu.” Kemudian aku berkata: “Memang, dan saya yakin dengan sepenuh-penuhnya bahasa Tarekat Naqsyabandiyah itu adalah memang ajaran agama Islam yang sebenarnya. Dan keyakinan yang demikian itu, selain disebabkan Tarekat Naqsyabandiyah memang berdasarkan al-Quran dan hadis Rasullullah SAW pun juga disebabkan pengalaman dan zauq yang telah saya peroleh.”
Hadrotus Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari Qs. yang terkenal waliyullah tersebut, konon sangat di hormati di kalangan para alim ulama, baik di Mekkah dan Madura. Hingga ulama terkenal dari Bangkalan yakni Syaikhona Muhammad Kholil bin Abdul Latif pernah berkata: “Siapa pun yang menziarohi saya nanti, tapi tidak ziaroh ke makam syaikh abdul adhim, maka ibaratnya dia ziaroh ke makkah tapi tidak ke madinah”. Adapun Astah (Maqbaroh) beliau tidak jauh Astah Syaikhona Kholil Bangkalan, perkiraan ±200 meter sebelah kiri jalan sebelum memasuki Astah Syaikhona Kholil Bangkalan.
0 response to "Murobbi Ruhina Syeikh Abdul Adhim Al-Maduri Al-Mudzhari RA"
Post a Comment