Cara Mudah Membangun Keluarga Sakinah I


Untuk menjamin terciptanya keluarga bahagia (keluarga sakinah), diperlukan adanya saling pengertian diantara suami isteri. Keduanya dituntut mengindahkan hak masing-masing; suami mengindahkan hak isteri dan isteri mengindahkan hak suaminya.

Dalam Al-Qur’an Allah telah mengatur hak suami isteri itu dengan jelas. Secara umum suami berkedudukan sebagai kepala keluarga dan penanggung jawab terhadap kesejahteraan keluarga baik moral maupun materil. Sedangkan isteri tunduk kepada kepemimpinan suami di samping dalam beberapa hal dia dapat berperan mengatur pengelolaan rumah tangga atas persetujuan suami.

Sebagai konsekuensi dari kedudukan suami sebagai kepala keluarga, suami memperoleh hak yang paling besar dalam institusi keluarga. Rasulullah Saw mengisyaratkan hal tersebut sebagai berikut, Hakim meriwayatkan dari Aisyah, ia berkata:
روى الحاكم عن عائشة قالت: ساءلت رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الناس أعظم حقا على المرأة: قال: زوجها. قالت: أيّ الناس اعظم حقا على الرجل. قال: أمه
Artinya: "Saya bertanya kepada Rasulullah Saw, siapakah orang yang paling besar haknya terhadap perempuan? Jawabnya: “Suami”, Lalu saya bertanya: “Siapakah orang yang berhak paling besar terhadap laki-laki?” Jawabnya: “Ibunya”. (HR. Al-Hakim).

Rasulullah bersabda :
لَوْ أَمَرْتُ أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا.
Artinya: "Andaikata saya menyuruh seseorang sujud kepada orang lain, niscaya saya akan perintahkan perempuan bersujud kepada suaminya,” (HR. Ibnu Majah No.1842).

Hadis di atas menggambarkan betapa besarnya hak suami yang harus ditunaikan seorang isteri. Demikian besar hak tersebut, sampai-sampai kalau seandainya manusia boleh disembah, maka Nabi Saw akan menyuruh seorang isteri menyembah suaminya.

Suami mempunyai hak yang besar sesuai dengan besarnya tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Tanggungjawab itu yang paling menonjol ialah berperan sebagai kepala keluarga dan penanggung jawab atas terpenuhinya kebutuhan moril dan materil seluruh anggota keluarga yang dipimpinnya
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Cara Mudah Membangun Keluarga Sakinah I ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Cara Mudah Membangun Keluarga Sakinah I "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel