Memahami Berbagai Istilah Dalam Ilmu Tarekat


Didalam tarekat dikenal beberapa istilah tarekat yang berusaha dipahami maupun dilalui serta dilaksanakan oleh para pengamal tarekat yang mu'tabarak secara bertahab, istilah itu antara lain:

Syariat Kata “syariat” yang berarti peraturan atau perjalanan, para ahli berpendapat berupa amalan-amalan lahir, semisal shalat, puasa, dan lain-lain.

Hakikat Kata “hakikat” yang berarti puncak atau kesudahan sesuatu atau asal sesuatu. Namun didalam istilah tarikat berarti sebagai kebalikan syariat yakni yang menyangkut batin.

Ma’rifat “Ma’rifat” berarti pengetahuan atau pengalaman. Menurut istilah Ma’rifat adalah pengetahuan dalam mengerjakan syariat dan hakikat.

Para ahli mengatakan hubungan antara syare'at, hakekat dan ma'rifat merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Menurut mereka syare'at seperti perahu sedangkan hakekat laksana lautan dan ma'rifat merupakan mutiara di dalam laut.
Suluk Kata “suluk” berarti menempuh perjalanan. Dalam tasawuf suluk adalah ikhtiar ( usaha ) dalam menempuh jalan untuk mencapai tujuan tarekat. Orang yang menjalankan ikhtiar tersebut dinamakan Salik.

Manazil Artinya tempat-tempat perhatian yang dilalui salik yang melaksanakan suluk.

Zawiyah Zawiyah adalah merupakan suatu ruang tempat mendidik calon-calon sufi.

Illa Zikr Nafi Isbat Kalimat “La ilaha illallah” mengandung dua kata peri-ada-an. Pertama kata “La” dan kedua kata “Illa”. Dan dua kata pula yang menetapkan yaitu “Ilaha” dan “Allah”.

As-Sukr As-Sukr maksudnya sebagai salah satu sikap dalam ibadah dan khalwat. Sehingga orang itu tidak sadar lagi akan dirinya.

Uslah Uslah adalah salah satu prektek suluk dengan mengasingkan diri dari khalayak ramai yang berbuat maksiat.

Kasyaf Artinya terbukanya dinding antara hamba dengan Tuhan dalam tarekat.

Silsilah Artinya nisbah ( hubungan ) guru-guru tarekat yang sambung bersambung dari bawah ke atas yang perlu diketahui oleh pengikut-pengikut tarekat.

Wali Wali adalah seseorang yang telah mencapat tingkat kesucian yang tinggi setelah melalui suluk. Dia mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu sebagai bukti-bukti dari kewaliannya.

Mursyid Mursyid berasal dari bahasa Arab dari kata dasar arsyada yang berarti yang memberi petunjuk, Mursyid berarti guru yang memberi petunjuk, yaitu penunjuk jalan bagi seseorang yang sedang melakukan perjalanan spiritual.

Baiat Baiat atau talqin adalah janji setia seorang murid kepada gurunya, bahwa ia akan mengikuti apa yang diperintahkan oleh sang guru.

Murid Murid atau kadang disebut salik adalah orang yang sedang mencari bimbingan dalam perjalanannya menuju Allah. Seorang murid haram pindah dari satu tariqah kepada tariqah yang lain tanpa seizin guru Mursyid pembimbingnya.

Ajaran Ajaran adalah praktik-praktik dan ilmu-ilmu tertentu yang diajarkan dalam sebuah tarekat. Biasanya, masing-masing tarekat memiliki kekhasan ajaran atau metode khusus dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Demikianlah beberapa istilah yang tentunya tidak asing lagi bagi para pengikut dan pengamal tarekat di seluruh belahan dunia.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Memahami Berbagai Istilah Dalam Ilmu Tarekat ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Memahami Berbagai Istilah Dalam Ilmu Tarekat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel