Pentingnya Penerapan Ihsan Terhadap Nilai Ibadah Hamba



Pengertian IHSAN bahwa seakan-akan melihat Alloh ketika beribadah jangan diartikan melihat Alloh seperti halnya kita melihat sesuatu atau makhluk, sebagaimana telah dijelaskan didalam kitab Al-Majalis Al-Sanniyah bahwa pengertian IHSAN seakan melihat Alloh ketika beribadah adalah al-muroqobah kepada Alloh SWT. yaitu perasaan kita seolah senantiasa diawasi oleh Alloh. Dengan demikan, pada saat beribadah atau disaat apapun kita akan selalu ingat kepada Alloh tidak memikirkan yang lain.

Berangkat dari pengertian Al-Ihsan tersebut, maka tingkat ibadah seseorang bisa dikategorikan menjadi tiga macam:

1. Melaksanakan ibadah dengan hanya memenuhi syarat dan rukunnya saja yaitu perasaan daripada tidak melaksanakan ibadah sama sekali.

2. Melaksanakan ibadah dengan memenuhi syarat dan rukunnya disertai dirinya selalu ingat kepada Alloh yang dalam persepektif sufi di sebut maqom al-musyahadah.

3. Melaksanakan ibadah dengan memenuhi syarat dan rukunnya disertai dirinya selalu ingat kepada Alloh SWT. serta selalu merasa diawasi oleh Alloh SWT. yang dalam persepektif sufi di sebut maqom al-muroqobah.

Dari uraian diatas hendaklah kita intropeksi diri guna mengukur dimanakah derajat ibadah kita disaat sekarang jangan hanya menyibukkan diri mengejar derajat dunia, sedangkan terhadap nilai derajat ibadah kepada Alloh Swt. tidak perduli Na’udzu billah min dzalik.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Pentingnya Penerapan Ihsan Terhadap Nilai Ibadah Hamba ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Pentingnya Penerapan Ihsan Terhadap Nilai Ibadah Hamba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel