Fadilah QS Ali Imron

Berikut diantara keutamaan surah Ali Imran diantaranya sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, yaitu:

Sabda Rasulullah SAW: "barangsiapa mempelajari, menghafal serta mengamalkan surah ini, dia memperoleh pahala yang besar di sisi Aah swt. kelak di akhirat  surahini dapat menjadi jalan, surah al-Baqarah melayang-layang layaknya awan  memberikan perlindungan atau payung, ia dapat menjadi perlindungan dari semua bahaya api neraka".

Nabi Muhammad SAW bersabda: "didalam tiga surat ada asma allah al-a’zham di mana apabila untuk berdoa pada allah maka terkabullah serta apabila untuk memohon maka terpenuhilah yaitu di dalam surat Al-Baqarah, permulaan surat Ali Imran serta didalam surat Thana.

Imam ad-dailami dari imam makhul menyebutkan: "Barang siapa membaca surat Ali Imran pada hari jumaat maka beberapa malaikat memohon keampunan untuknya hingga malam hari".

Imam ibnu zanjawayyah dari imam wahab ibn Munabih menjelaskan: "barang siapa membaca surat al-baqarah serta ali imran saat malam jumaat maka baginya nur sinar di antara arasy serta dasar bumi".

Dari teman dekat Utsman bin Affan RA imam Ad-Darimi menyebutkan dari teman dekat Utsman ibn Affan RA yang dimaksud: ("siapa saja membaca akhir surat Al-Fatihah, ayat kursidan dua ayat surat Ali Imran ( innafi qlfissamawati…ila akhirissurati ) saat malam hari, maka ia tercatat melakukan ibadah seluruh malam") adalah Barang  siapa membaca surat Al-Fatihah, ayat kursi serta dua ayat surah ali imran, dibacanya saat setelah shalat fardhu, maka tempat kembalinya yaitu syurga.

Surah al imran dan manfaatnya
di antara manfaat surah ini didalam kehidupan seperti berikut:

  1. ayat 200 ditulis pada roti lantas diberikan untuk wanita yang biasa keluar tempat tinggal tanpa izin, maka insyaallah jadi baik, serta tak akan keluar tanpa izin.
  2. ayat 200 ini juga diamalkan untuk menwujudkan kasih sayang suami didalam tempat tinggal tangga.
  3. untuk jadi doa supaya anak jadi anak yang berbakti serta pandai maka ayat 200 serta ayat 19 surah as-Shura dibaca serta dicium atau ditiup pada ubun-ubun anak. dapat juga ditiup pada air serta masakan.
  4. Barang siapa membaca ayat 1 – 3 dari surah ini, dia dapat di hindari dari semua penyakit serta selamat dari masalah jin.
  5. baca ayat 1-2 berulang-ulang kali, insyaallah ia dapat jadi sesuatu kesabaran untuk orang yang tengah ditimpa musibah, kesulitan, kesempitan hidup dikarenakan didalamnya terdapat nama allah yang agung.
  6. dibacakan ayat 1-2 ini sejumlah banyaknya pada orang yang tengah sakit, insyaallah dapat diampuni dosanya.
  7. ayat 8 dibaca setiap saat selesai lakukan solat fardhu, insyaallah pembacanya dapat mati didalam beriman.
  8. sebagian amalan doa selepas solat yang bisa menyebabkan kasih sayang pada suami isteri, anak-anak, kaum kerabat, jiran-jiran, rekan-rekan, orang bawahan dan lain-lain yakni membaca surah al imran ayat 31. amalkan ayat ini tiap-tiap hari selesai solat fardhu lima waktu.
  9. bila memiliki problem perniagaan, sebagai doa penglaris amalkanlah membaca ayat surah ali imran ayat 37, diamalkan saat mengupayakan suatu hal serta dibacalah juga sesudah solat fardhu.
  10. didalam kehidupan 1 hari, kita banyak lakukan kekeliruan dosa, terlebih dosa-dosa kecil. baca ayat 16 untuk memohon keampunan dari allah swt.
  11. bacalah ayat 26 sejumlah 7 kali setelah shalat subuh serta 7 kali setelah shalat maghrib serta jadikan amalan tiap-tiap hari. insyaallah, dapat dibukakan untuk orang yang mengamalkannya rezeki untuk membayar hutang-hutangnya.
  12. bacalah ayat 38 berulang-ulang kali spesial setelah shalat fardhu serta saat isteri tengah hamil, insyaallah dapat dikurniai seorang anak yang soleh.
  13. ayat 53 yaitu doa supaya tergolong orang beriman. amalkanlah membaca doa ini untuk dibangkitkan didalam rombongan nabi muhammad saw pada hari akhirat kelak. pada kelebihannya adalah bila diucapkan setelah shalat sebelum saat berbicara, maka allah swt dapat memasukkannya didalam doa tiap-tiap makhluk-nya di lautan serta daratan. ( tafsir al-fakhrurrazi, tafsir ayat 53, surah ali-imran ).
  14. bacakan ayat 83 untuk melembutkan hati. baca 3x serta tiupkan pada orang atau air untuk di minum.
  15. ayat 173 yaitu doa jika hadapi tekanan / stress. baca ayat ini sebanyak-banyaknya sebagai zikir, insyaallah hati dapat jadi tenteram.
  16. barangsiapa yang pingin agar isterinya gampang bersalin, bacalah ayat 191 sejumlah 3 kali pada pusar isterinya sembari diusap-usap dengan tangannya saat akan tidur, kerjakan amalan ini hingga ia bersalin, insyaallah tuhan swt memudahkannya.
  17. amalan rasulullah saw. selepas solat tahajjud membaca doa ayat 190-194 dikarenakan saat itu yaitu di antara waktu doa dikabulkan oleh allah swt. selesai membaca ayat ini, mintalah pada allah swt semua suatu hal yang di idamkan, baik untuk kepentingan dunia ataupun akhirat, insyaallah dapat dikabulkannya.
  18.  ayat 190 – 194 serta ayat 199 dibacakan pada air serta diberi minum pada yang punya masalah rumahtangga sebagai perukun rumahtangga.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Fadilah QS Ali Imron ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Fadilah QS Ali Imron"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel