Murobbi Ruhina As-Syaikh Mahmud al-Anjir al-Faghnawi QS

Beliau adalah seorang Master dari yang hatinya maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana dipancarkan keluar. Hatinya dipoles oleh cahaya Ilahi, membuatnya menjadi salah satu yang terbaik diantara orang orang Terpilih, dimurnikan dari semua kegelapan dan penderitaan dan tembus seperti kristal.

Beliau adalah aulia Allah yang mempunyai sifat terpuji dan sifat sempurna dalam menuntut ridha Allah dan sempurna ibadahnya kepada Allah azza wajallah,

Beliau dilahirkan di desa Anjir Faghna, 6 km dari Bukhara. Di masa mudanya beliau gunakan untuk bekerja di sektor pembinaan. Beliau mengabdikan hidupnya untuk membimbing orang untuk menuju Hadirat Allah.

Beliau adalah yang pertama di garis utama Kebijaksanaan (Khwajagan) yang memperkenalkan cara zikir denga jahr (suara nyaring dan kuat) sesuai dengan kondisi dan situasi murid. Ketika ditanya mengapa dia menggunakan zikir kuat, dia menjawab, "Untuk membangunkan yang tidur itu."

Kontroversi tentang Dzikir Keras

Suatu hari Khwaja Mahmud menghadiri pertemuan ilmiah dan Syaikh Syams al-Halwani berkata kepada Syaikh Hafiz-Din, pihak berkuasa pada waktu itu, untuk meminta Shaikh Mahmud Faghnawi memberikan alasan mengapa ia melakukan kegiatan dzikir kuat.

Shaikh Mahmud Faghnawi berkata, "itu adalah zikir terbaik untuk membangunkan orang dari keadaan tidur dan untuk menarik perhatian daripada lalai sehingga ia menghadapkan secara langsung dirinya kepada Allah mengikuti Gurunya yang yang berdzikir, meluruskan diri di Jalan benar, dan taubat kepada Allah merupakan satu pekerjaan yang murni, yang menjadi kunci untuk semua yang baik dan kebahagiaan. Jika niat anda sudah benar anda akan menemui kebenaran untuk menggunakan zikir kuat tadi. "

Shaikh Hafiz ad-Din meminta Syaikh Mahmud Injiri Faghnawi untuk menjelaskan kepadanya tentang hal yang dibenarkan untuk melakukan zikir kuat, dalam rangka untuk membenarkan amalan kepada mereka yang menentangnya.

Beliau mengatakan "zikir kuat adalah untuk siapa saja yang ingin mencapai keadaan dari memurnikan lidah dari berbohong dan ghibah, dan bebas dari tindakan peribadi dari melakukan apa yang dilarang, dan bersih hatinya dari kebanggaan dan kasih kemasyhuran."

Suatu hari Syaikh Ali Ramitani QS, mengatakan bahwa seorang lelaki melihat Khidir dan bertanya: "Katakan di mana saya dapat mencari seseorang yang menjaga syariaat Nabi dan jalan yang lurus, supaya aku menurutnya. Laki laki tersebut menjawab: "bahwa salah satu yang anda cari adalah Mahmud Syaikh al-Anjir al-Faghnawi."

Dikatakan bahawa Syeikh Mahmud berjalan di atas jejak Nabi Muhammad di maqam makrifatullah  dan dia juga mengikuti jejak Nabi Musa di maqam Kalimullah, maqam Satu yang bercakap-cakap dengan Allah.

Melalui Shaikh Mahmud pengetahuan telah terpancar dari masjid itu, yang dibina di desa Wabiqni, dekat dengan Bukhara.

Beliau meninggal di desa Qilit, dekat Bukhara, pada tarikh 17 Rabi'ul Awwal, pada tahun 670H /1272 M). Beliau mencurahkan rahasia thoriqoh Naqsyabandiyah kepada Khalifah beliau, Al 'Arif Billah Asy-Syekh Ali Ar Ramitani qs (Asy Syekh Azizan q.s)
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Murobbi Ruhina As-Syaikh Mahmud al-Anjir al-Faghnawi QS ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Murobbi Ruhina As-Syaikh Mahmud al-Anjir al-Faghnawi QS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel