Syaikhina Wa Murobbi Ruhina As-Syaikh Muhammad Sirajuddin RA

Seperti ayahnya, Syaikh Muhammad Sirajuddin juga adalah seorang guru tarekat yang sangat 'alim. Beliau adalah seorang sarjana muslim dan guru sufi terkemuka dari Tarekat Naqsyabandiyah di Asia Selatan. Beliau banyak mengangkat khalifah dari berbagai Negara. Jumlah khalifahnya adalah 36 orang.

Pada waktu masih muda Syaikh Muhammad Sirajuddin berguru kepada Syaikh Mulla Shah Muhammad. Beliau Mendapat prestasi yang cukup menakjubkan, dalam usia 14 tahun Muhammad Sirajuddin Kecil telah menuntaskan berbagai ilmu dalam semua cabang keagamaan.

Syaikh Muhammad Sirajuddin mengambil tarekat dari ayahnya, beliau juga mempelajari maktubat Syaikh Imam Sirhindi dan karya Syaikh Muhammad Ma’sum al Ahmadi. Syaikh Muhammad Usman ad Damani (ayahnya) memberi ijazah Tarekat Naqsyabandiyah kepada Syaikh Muhammad Sirajuddin pada tanggal 10 Mei 1894.

Syaikh Muhammad Sirajuddin bin Muhammad Usman ad Damani wafat pada tanggal 12 Februari 1915 di makamkan di samping makam ayahnya.

Dari 36 khalifah yang diangkatnya ada 8 khalifah yang cukup terkenal dan berpengaruh, mereka adalah:
1. Syaikh Khwaja Ali Shah Pir Fasal Quraesy.
Beliau paling menonjol dan terkenal sebagai pengganti Syaikh Muhammad Sirajuddin, disamping itu beliau menerima ijazah dari Sayyad Laal Shah Hamdani.
2. Syaikh Maulana Hafidz Muhammad Ibrahim (putra Syaikh Muhammad Sirajuddin).
3. Syaikh Abdul Ghafur al Abbasi al Madani.
Dari beliau jalur emas Thoriqoh An Naqsyabandiyah sampai ke Indonesia, yaitu kepada hadrotus syaihk Latifi Baidhowi RA (satu-satunya Kholifah Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki di Indonesia)
4. Syaikh Abu Sa’ad Ahmed Khan.
5. Syaikh Husain Ali Maulana
6. Syaikh Abdul Ahad.
7. Syaikh Abu Muhammad Barkat Ali Shah
8. Syaikh Maulana ghulam Hasan
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Syaikhina Wa Murobbi Ruhina As-Syaikh Muhammad Sirajuddin RA ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Syaikhina Wa Murobbi Ruhina As-Syaikh Muhammad Sirajuddin RA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel