Gambaran tentang Penampilan Suci Nabi Muhammad SAW


Allah YME menghiasi Nabi ﷺ dengan Cahaya Illahiah dan AkhlakNya. Sabda Allah, “Sungguh engkau bersifat mulia” [68:4]

Nabi ﷺ bertubuh sedang dan berbau tegap. Warna kulitnya ﷺ terang. Berdahi lebar dam alisnya ﷺ tebal tidak bersambung., ditengahnya mengkilat perak. Matanya  ﷺ besar. Giginya ﷺ putih bagai mutiara. Rambutnya ﷺ tidak keriting ataupun lurus tapi diantaranya. Lehernya ﷺ jenjang. Dadanya ﷺ bidang, tidak terlalu berdaging.

Warna dadanya ﷺ terang dan antara uluhati dan pusarnya ada segaris bulu. Selain segaris bulu tersebut, dadanya ﷺ tidak berbulu Bahunya ﷺ lebar dan berbulu halus. Di bahunya ﷺ tertera dua stempel Kenabian. Sahabatnya ﷺ sering melihatnya. Bahu kanannya ﷺ terdapat tanda hitam indah ditumbuhi bulu sekitarnya, mirip bulu kuda. Lengan atasnya besar. Pergelangannya ﷺ panjang, demikian juga jari-jarinya ﷺ.

Telapaknya ﷺ lebih lembut dari sutra. Setiap saat beliau ﷺ meletakkan telapaknya ﷺ di kepala seseorang, keluarlah wangi segar darinya. Setiap kali beliau ﷺ berjalan, gumpalan awan mengikuti dan melindungi beliau ﷺ dari panas matahari. Keringat beliau ﷺ bagaikan mutiara putih yang beraroma segar. Sahabat mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat hal seperti itu sebelumnya.

Nabi ﷺ lebih sering menunduk daripada menengadah. Siapapun yang melihatnya ﷺ dari jauh terkagum-kagum dan siapapun yang mengenal beliau ﷺ akan mencintainya. Beliau ﷺ sangat indah baik dari penampilan luar maupun dalam.

Amir ibn al-As said, “Tidak ada yang paling kucintai lebih dari Nabi ﷺ begitu juga tidak ada yang lebih anggun dari beliau ﷺ di mataku. Keindahan beliau ﷺ begitu terang sehingga aku tidak bisa berlama-lama melihat wajah beliau ﷺ, sehingga kalau aku diminta menggambarkan beliau ﷺ, aku tidak akan mampu karena aku tidak cukup lama memandang beliau ﷺ.”

Nabi ﷺ adalah seorang yang paling pemberani, jujur dan dermawan. Beliau ﷺ seringkali berjalan sendiri diantara para musuh tanpa pengawalan. Beliau ﷺ tidak pernah takut akan apapun di dunia ini. Beliau ﷺ adalah orang paling sederhana, tulus dan saleh. Beliau ﷺ lebih memilih diam daripada berbicara dan tidak pernah berbangga diri, meski beliau ﷺ seorang pembicara yang fasih.

Allah menganugerahkan Nabi keahlian berpolitik dan keahlian dalam masalah pribadi. Meski beliau tidak mampu baca tulis. Allah mengindarkannya dari sifat lalai, mengajarkan etika dan perilaku terbaik.

Beliau ﷺ adalah orang paling lembut, toleran, pengampun, seperti Allah. Sendiri menyebutnya “Terbaik dan Paling Pengampun” [9:128]. Beliau ﷺ  tersenyum dan berkelakar secara sopan dengan setiap orang. Dalam kesendirian beliau ﷺ selalu menangis dan memohon ampunan bagi umatnya pada Allah. Beliau ﷺ selalu bertafakur dan bermeditasi mengingat Allah dengan berzikir.

Beliau ﷺ sering berjalan bersama janda dan yatim piatu. Beliau ﷺ menunjukkan kerendahan hati pada kaum yang tidak beriman, mendoakan agar mereka kelak beriman. Seseorang berkata pada beliau  ﷺ“ Doakan kepada Allah untuk mengutuk kaum yang tidak beriman. “Beliau ﷺ menjawab, “Aku tidak diutus untuk mengutuk tapi memohon ampunan. Aku akan berdoa agar mereka dibimbing karena ketidaktahuan mereka.”

Beliau ﷺ membawa setiap orang kepada Allah. Beliau ﷺ tidak pernah memperlakukan kaum miskin dan  tidak pernah takut akan raja. Beliau ﷺ selalu memilih jalan termudah menurut kehendak Allah [2: 185, 20:2]. Beliau tidak pernah tertawa keras bahkan tanpa suara dan selalu berkata, “Layani kaummu.” Beliau ﷺ sering memerah susu kambing, melayani keluarga, menambal baju, berjalan tanpa alas kaki, mengunjungi yang sakit, meski mereka kaum yang tidak beriman atau hipokrit, berziarah ke makam kaum beriman, rajin menyapa, melatih pedang, panah, berkuda, naik unta, keledai serta bersimpati dan makan bersama kaum miskin.

Beliau ﷺ selalu menerima pemberian dengan senang hati, meski itu hanya sesendok yogurt dan kemudian membalasnya. Tidak pernah makan dari uang sedekah tapi justru langsung memberikannya pada kaum miskin. Tidak pernah menyimpan satu dinar atau satu dirham di rumahnya kecuali memberikannya kepada kaum miskin. Beliau ﷺ tidak akan pulang sebelum membagikan semua rizki dari Allah.

Beliau ﷺ sangat baik terhadap keluarga dan teman. Beliau memaksa teman-temannya berjalan di depan sementara beliau ﷺ di belakang. Kata beliau ﷺ, “biarkan punggungku untuk malaikat.” Dalam berteman, beliau ﷺ selalu sabar dan cenderung malu. Siapapun yang berbantah dengan beliau ﷺ akan melihat kesabaran ini dan tidak pernah balik membantah mereka yang menghina. Tidak pernah melawan orang yang marah kepadanya atau berkata kasar. Tidak pernah marah untuk dirinya dan hanya marah karena alasan Allah. Beliau ﷺ bisa makan bersama para pembantunya. Beliau ﷺ tidak pernah menampar dan menghukum suatu kesalahan tapi selalu memaafkan. Pembantunya, Anas berkata, “Selama hidupku, beliau ﷺ tidak pernah sekalipun bertanya kenapa kau lakukan ini atau kenapa kau tidak lakukan itu?”
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Gambaran tentang Penampilan Suci Nabi Muhammad SAW ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to " Gambaran tentang Penampilan Suci Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel