Cara Melaksanakan Sholat Sunnat Tahiyat Masjid


Shalat Tahiyat Masjid adalah shalat dua rakaat yang dikerjakan ketika kita masuk ke Masjid sebagai penghormatan kepada mesjid, karena mesjid termasuk Baitulloh atau Rumah Alloh. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam kata “Tahiyatul Masjid” yaitu penghormatan terhadap mesjid.

Cara Mengerjakan Shalat Tahiyat Masjid

Shalat tahiyat mesjid hukumnya adalah sunat dan dikerjakan sebelum kita duduk, baik hari jum’at ataupun hari yang lainnya, siang maupun malam, walaupun pada waktu-waktu yang terlarang (ketika masuk mesjid karena suatu sebab misalnya kalau hendak beri’tikaf, menuntut ilmu atau menunggu tibanya waktu shalat dan sebagainya)

Seseorang yang hendak pergi ke Masjid baik pada hari jum'at maupun hari lainnya, dalam perjalanan hendaklah membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُورًا وَمِنْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَمِنْ تَحْتِي نُورًا اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku dan pada lisanku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya pada penglihatanku, jadikanlah cahaya dari arah belakangku dan dari arah depanku, jadikanlah cahaya dari arah atasku dan dari arah bawahku, dan berilah aku cahaya!” (HR. Bukhari no. 6316 dan Muslim no. 763, dengan lafal Muslim)

Jika hendak masuk mesjid, maka dahulukan kaki kanan dan membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII, WAFTA_HLII ABWAABA ROHMATIK

Artinya: “Ya Alloh.. ampunilah semua dosaku dan bukakanlah bagiku pintu rahmat_Mu”

Jika telah berada di dalam mesjid, sebelum duduk hendaklah niat ber’itikaf dan dilanjutkan dengan mengerjakan shalat sunnat tahiyatul masjid dua rakaat.

Niat i’tikaf adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ اَنْ اِعْتِكَفَ فِى هَذَا المَسْجِدِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “saya berniat I’tikaf di mesjid, sunat karen Allah ta’ala"

Niat Shalat Tahiyatul Masjid adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةً تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالى

Artinya: "aku niat shalat sunat tahiyat masjid dua rakaat karena Alloh ta’ala"

Jika pada saat tiba di masjid shalat jum’at atau shalat berjamaah telah dimulai, maka shalat tahiyat masjid tidak perlu dikerjakan. Akan tetapi jika khotib sedang khutbah, maka boleh mengerjakannya dengan meringankan bacaan. Jika telah terlanjur duduk, maka tidak perlu bangun untuk mengerjakannya. Kemudian ketika hendak keluar dari mesjid, dahulukan kaki kiri dan membaca doa:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ فَضْلِكَ

BISMILLAH, WASSALAAMU 'ALAA ROSUULILLAH, ALLOHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII,WAFTA_HLII ABWAABA FADL-LIK

Artinya: “Ya Alloh.. ampunilah semua dosaku dan bukakanlah bagiku pintu karunia_Mu”

Itulah Niat dan Cara Mengerjakan Shalat Tahiyat Masjid yang dapat saya tulis semoga menjadi tuntunan yang bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan semoga bermanfaat.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Cara Melaksanakan Sholat Sunnat Tahiyat Masjid ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Cara Melaksanakan Sholat Sunnat Tahiyat Masjid "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel