Cara Melaksanakan Sholat Awwabin

Shalat awwabin adalah amalan shalat sunat yang dikerjakan antara shalat maghrib dan isya. Waktu antara maghrib dan isya ini biasanya diabaikan orang. Oleh karena itu kita diperintahkan untuk kembali kepada Alloh (Awwabin). Pada saat orang-orang lalai, dengan cara menghidupkan waktu antara maghrib dan isya, baik melalui shalat, dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, tamjid, dan membaca al-Qur'an.

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunat Awwabin
Shalat sunat awwabin sebaiknya dikerjakan setelah selesai dzikir shalat maghrib, dan setelah shalat ba'diyah maghrib serta belum deselingi oleh ucapan atau perkataan apapun dan shalat ini tidak disunatkan berjamaah.

Jumlah Rakaat Shalat Awwabin
Adapun jumlah rakaat shalat sunat awwabin yaitu paling sedikit dikerjakan 2 rakaat, dan bisa dikerjakan hingga 6 rakaat bahkan sampai 20 rakaat. Amalan sunat ini semakin banyak kita kerjakan maka semakin besar pula pahala yang akan kita dapatkan.

Cara Pelaksanaan Shalat Awwabin
Untuk pelaksanaan shalat sunat awwabin sama halnya dengan cara pelaksanaan shalat fardhu namun yang membedakannya ialah niatnya.

Niat Shalat Sunat Awwabin
أصَلِّي سُنَّةَ َ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ
"USHALLI SUNNATAL AWWABIINA RAK'ATAINI LILLAHI TA'AALAA"
Artinya : "Aku (niat) shalat sunat awwabin 2 rakaat karena Alloh ta'ala".

Surat yang dibaca setelah kita membaca surat Al-Fatihah adalah:

  1. Pada rakaat pertama : aurat Al-ikhlash 6 kali dilanjutkan dengan surat Al-falaq dan An-nas masing-masing 1 kali. 
  2. Pada rakaat kedua  membaca surat yang sama dengan rakaat pertama.

Rupanya itu yang dapat kami haturkan untuk anda sekilas tentang Cara, Doa, Niat Shalat Awwabin semoga dengan adanya artikel ini berguna bagi anda dan kita semua bisa melaksanakannya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad SAW.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Cara Melaksanakan Sholat Awwabin ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Cara Melaksanakan Sholat Awwabin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel