Memahami dan Menggali Istilah Qosam Dalam Ilmu Wifiq

Istilah Qosam berasal dari bahasa arab yang dalam prakteknya digunakan untuk memanggil khodam tertentu untuk membantu si pemanggil memenuhi kebutuhannya.

Qosam berupa doa atau bacaan tertentu, biasanya berbahasa Arab, Suryani atau perpaduan dari kedua bahasa tersebut. Kadang digunakan untuk sesuatu yang baik kadang digunakan untuk sebaliknya.

Qosam sangat terkenal dikalangan ahli hikmah sebagai contoh qosam yang digunakan untuk berkomunikasi dengan khodam huruf hijaiyah yang berjumlah 28 huruf, berikut qosam yang dimaksud :

بسم الله الرحمن الرحيم. اَيُّهَا الرُّحَانِى اْلمُوَكِلِ ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ج س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ه لا ء ي سَئَالْتُكَ بِالَّذِىْ خَلَقَكَ فَسَوَاكَ فَعَدَلَكَ فِى اَىِّ صُوْرَةِ مَا شَاءَ رَكَبَكَ أَيُّهَا السَّيِّدُ اْلكَللكَ اْلمُغْتَرَفُ مِنْ بَحَارِ مَعَادِنِ جَوَاهِرِ اْلاَسْرَارِ وَيُنَابِيْعُ مَلَكُوْتُ جَبَرُوْتِ اْلاَنْوَارِ اِلَامَاأَجَبْتَنِى وَرَفَعَتَ الْحِجَابَ بَيْنِى وَبَيْنَكَ حَتَّى اَنْظُرَكَ بِبَصَرِ وَاَنْتَ تَخَاطَبْنِى وَسَخَّرَلىِ اَعوَانُكَ المُْلُوكَ اْلحُرُوْفَ


Dari contoh diatas semoga bisa memberi sedikit penjelasan tentang qosam, sehingga sayokyanya bagi mereka yang diberikan pengetahuan tentang ilmu hikmah agar lebih berhati-hati dalam menggunakan pengetahuannya.
Wong Gunong Pendaki doyan ngopi :)
TERIMA KASIH KUNJUNGANNYA

Semoga atikel berjudul Memahami dan Menggali Istilah Qosam Dalam Ilmu Wifiq ini bermanfaat. Jika ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi artikel, silahkan menyertakan dofollow link ke >>
Buka Komentar

0 response to "Memahami dan Menggali Istilah Qosam Dalam Ilmu Wifiq "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel